Kamis, 13 Februari 2014

BELI TIKET PESAWAT MURAH PRAKTIS VIA HANDPHONE

Beli tiket pesawat itu bikin jantung deg-deg’an dan makan waktu. Salah sedikit seperti nama tidak sesuai KTP atau tanggal keberangkatan, alamat ngga bisa terbang. Mana harganya mahal, pula. Itulah alasan mengapa setiap kali ingin berpergian via udara, saya harus meluangkan waktu ekstra untuk mengurus tiket ke kantor reservasi maskapai yang bersangkutan.

Anehnya, meski sudah melihat dan memilih waktu keberangkatan di website resmi maskapai, begitu sampai di kantor reservasi, harganya kok bisa beda ya? Lebih mahal. Apa mungkin harganya sudah berubah? Itu berdasarkan pengalaman pribadi saya maret tahun lalu menggunakan maskapai citylink. Entah lah ... Tapi yang jelas, saya sangat tidak nyaman dengan pesan tiket cara lama. Terlalu banyak memakan waktu. Belum lagi jarak tempuh ke kantor reservasi yang jauh.

Itu sih dulu, sekarang beda dong -makanya saya menulis artikel ini- !. Sekarang, pesan tiket pesawat jauh lebih praktis dan murah. Bisa dilakukan 24 jam non-stop. Kapan saja dan di mana saja. Cukup bermodal handphone android dan pastinya layanan internet. Bagaimana caranya ?


Dua minggu lalu, ceritanya saya iseng searching aplikasi di google play store dengan memasukkan kata kunci “tiket pesawat” dan muncul deretan hasil pencarian, salah satunya “Indonesia Flight” dengan perolehan rating tertinggi -4 bintang setengah-. Setelah melihat beberapa screen shot dan membaca berbagai komentar dari para pengguna, mantap lah hati ini untuk meng-install nya ke dalam handphone saya.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, aplikasi ini sangat praktis dan mudah digunakan. Bahkan anak SD sekalipun bisa pesan tiket pesawat menggunakan aplikasi ini.

Langkah Pertama
Langkah pertama, kita bisa memilih sekali jalan atau pulang pergi, asal dan tujuan, tanggal keberangkatan, berapa orang yang berangkat, kemudian pilih cari penerbangan.

Langkah Kedua
Langkah kedua, pilih maskapai yang diinginkan. Sebagai bahan pertimbangan, kita bisa memilih jam keberangkatan dan harga termurah dari beberapa maskapai nasional. Di bawah waktu terbang, aplikasi ini juga menampilkan keterangan kapan harga diperbaharui -update-.

Langkah Ketiga
Langkah ketiga, memasukkan dua data, yakni informasi kontak yang bisa dihubungi -nama depan, nama belakang, kontak email (jangan sampai salah karena tiket akan dikirimkan via email), nomor telp (format: +6281******)- dan nama penumpang. Setelah itu pesan sekarang. Khusus maskapai Lion Air memang membutuhkan proses lebih lama daripada maskapai lain. Maklumlah, maskapai ini memang banyak jadwal terbang nya. Tunggu saja prosesnya.

Langkah Keempat
Langkah keempat, pastikan lagi semuanya sudah benar. Check dari mana berangkat, tujuan, tanggal keberangkatan, nama penumpang, jam terbang, dll. Biar lebih yakin lagi, bacanya bisa diulang lagi dari atas sampai bawah. Setelah yakin semuanya sudah benar, sekarang pilih bayar.

Langkah Kelima
Langkah kelima, memilih metode pembayaran. Bisa melalui kartu kredit, klikBCA, BCA KlikPay, CIMB Clicks, ATM Transfer. Kalau saya kemarin, 2x transaksi menggunakan ATM Transfer via Bank Mandiri dan Bank BCA. Maka, penjelasan berikutnya memakai metode ATM Transfer.

Langkah Keenam
Langkah keenam, membaca aturan singkat dan mencentang persetujuan akan transfer hanya melalui ATM. Habis itu, pilih selesaikan pembayaran.

Langkah Ketujuh
Langkah ketujuh, kita diberi ID pesanan sebanyak 7 digit -kalau saya saya bilang sih nomer tiket pemesanan-. Jika digabungkan dengan nomor rekening tujuan atau Virtual Account Number, totalnya sebanyak 16 digit. Contohnya pada gambar di bawah ini. Deretan angka 8934 00000 adalah nomor rekening dan sisanya 6 294 973 adalah nomer ID pesanan.

Kita tinggal mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan pada layar handphone.

Masukkan nominal harga -total akhir- sesuai dengan yang tercantum. Kemudian masukkan nomor rekening lengkap dengan ID pemesanan. Pada contoh gambar langkah ketujuh di atas, berarti nomor rekening yang harus dimasukkan adalah 8934 00000 6 294 973Tapi ingat, pastikan nomer yang di masukkan benar. Jangan salah nomer, bisa berabe nantinya. Pelan-pelan aja di depan layar ATM, periksa kembali deretan angka yang sudah di input ke dalam mesin ATM. Sudah? Sekarang transfer. Kalau perlu, simpan hasil print out transfer. Buat jaga-jaga saja. Beres deh ...

Status PAID Setelah Transfer Beserta Kode Booking Pesawat
Gambar Di Atas Kalau Kita Belum Transfer

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan aplikasi ini, tak sampai 5 menit dari transfer, status di layar handphone langsung berubah menjadi PAID dengan disertai kode booking pesawat.

Bagaimana cara melihat status pemesanan? Kembali ke tampilan pertama, di atas akan terlihat 3 icon yakni pesawat, keranjang belanjaan dan notes. Pilih notes.

Check Status Pesanan
Nanti akan tampil 2 kolom, yaitu alamat email dan ID pesanan. Jangan diutak-atik atau dirubah. Pilih cek status pesanan.

Tiket pesawat akan dikirim via email berformat PDF. Sobat check aja inbox email. Setelah email diterima, tinggal di print deh. Beres.

Sebelum memakai aplikasi ini, pasti sempat ragu. Ini aplikasi bener ngga yah? Ntar kalau bohongan atau penipuan gimana? Awalnya saya juga begitu. Tapi, jangan khawatir. Saya sudah mem-praktekannya sendiri 2x transaksi dan selama di bandara tidak ada masalah sama sekali.

Kalau aplikasi ini tidak bekerja sebagaimana mestinya, sudah pasti kemarin saya gagal terbang. Ngga jadi liburan ke Bali deh.

Aplikasi “Indonesia Flight” kalau saya lihat adalah garapan dari tiket.com -bisa check sendiri ke websitenya-. Tiket.com sendiri menurut saya cukup terkenal dikalangan pengguna internet Indonesia karena langsung menampilkan perbandingan harga maskapai nasional. Jadi, kita bisa tau, pada tanggal itu, harga tiket pesawat mana yang termurah.

Masih ngga percaya dengan harga tiket yang ditawarkan? Silahkan check ke website resmi maskapai. Pasti sama.

Kalau cara pesan dan beli tiket pesawat bisa se-praktis ini, saya jadi berpikir. Bagaimana nasib agen biro perjalanan ya? Ceritanya bakal sama dengan para pengusaha warung internet (WarNet).

Dulu, orang sering ke warnet karena susah mendapatkan koneksi -harus punya sambungan kabel telp untuk pasang spe*dy-. Begitu muncul modem USB, sekarang, siapa pun bisa browsing di mana saja dan kapan saja.

Eh ... ngomong-ngomong, kalau sobat punya kenalan teman yang sering terbang, tawarin aja jasa sobat. Lumayan kan bisa nambah uang jajan? Hehehe.

Selamat mencoba ... 

1 komentar :

  1. Halo Mas Darwin. Masih berlangganan Indoneaia Flight kah? Saya baru mau beli tiket si Indonesia Flight, tapi ragu setelah nama yg tertera pada VA saya ternyata hanya atas nama PERMATA, bukannya nama perusahaan mereka. Ini asli ngga ya Mas? Mohon bantuannya... ^^'

    BalasHapus