Jumat, 14 Februari 2014

Windows7 Error Code 0XC00000E9

WINDOWS7 ERROR CODE 0XC00000E9
Pagi ini (13/2), Saya dibuat kalang kabut! Si red, laptop kesayangan ngambek ngga mau login seperti biasanya. Tertahan lama di gambar logo windows dan di bawahnya terdapat tulisan “starting windows”. Mau tidak mau, saya matikan paksa dengan menekan tombol power sedikit lama dan menyalakan kembali.

Begitu menyala, tampilan layar berwarna hitam -seperti pilihan save mode- dan terdapat 2 pilihan. Pertama error checking -saya lupa kalimat persisnya. Intinya si windows coba mendeteksi kerusakan- dan kedua start windows normally.

Saya pilih opsi kedua, tapi hasilnya tetap sama. Saya tidak bisa masuk ke tampilan login -seperti nge-Hang-. Lagi lagi saya harus matikan laptop tidak sebagaimana mestinya -kasihan hardisknya-.

Saya nyalakan laptop lagi, muncul lagi 2 pilihan itu. Oke, sekarang saya pilih opsi pertama.

Nah ... Di sinilah saya bingung. Muncul tulisan seperti di bawah ini

There was a problem with a device connected to your PC. An unexpected I/O error has occurred. Error code: OXC00000E9. This problem can happen when a removable storage device is removed while it's in use or is failing. Properly connecting any removable storage and restarting your PC may fix this problem.”

Lah ... apa yang salah? Perasaan semalem saya matikan laptop sesuai prosedur -shutdown-. USB port yang terpakai hanya 2, untuk mouse dan modem. Masa iya jadi masalah sih?

Saya lantas berinisiatif memasukkan CD Windows dengan maksud me-repair. Kali aja bisa dibenerin dengan cara ini. Hasilnya tetap gagal.

Waduh ... Gawat nih.

Tampilan dari situs resmi microsoft yang membahas masalah WINDOWS ERROR CODE 0XC00000E9

Saya coba googling lewat handphone dengan memasukkan kata kunci “windows error code 0XC00000E9” dan membaca beberapa artikel. Termasuk artikel dari situs resmi windows.

Weh ... ternyata banyak juga yang mengalami permasalahan seperti saya. Mereka juga tidak bisa booting dan login. Bahkan ada sebuah kalimat yang mengatakan bahwa masalah ini termasuk MASALAH SERIUS. Lebih mengejutkannya lagi, mereka bilang masalah bisa saja terdapat pada hardisk -rusak- dan harus diganti yang baru. Masa iya rusak sih? Laptop saya belum genap 1 tahun lho. Masa udah jebol sih?

Kalau memang benar hardisknya yang rusak dan tidak bisa dipakai lagi, bukan masalah di harga. Tapi data-datanya itu lho! Saya menyimpan banyak foto kenangan pribadi bersama sang kekasih. Belum lagi foto si Nala, anjing Kintamani kesayangan yang saya asuh sejak berumur 2 bulan sampai usianya 2 tahun.

Udah lah ... Saya coba cara terakhir, install ulang (re-install) windows nya dan alhamdulillah berhasil ! Masalah teratasi ! Ho3Ho. Senangnya bukan main !

Sampai sekarang saya menulis artikel ini -meski pakai open office karena saya ngga punya microsoft office-, si red berjalan normal. Tidak ada masalah.

Kalau ada laptop atau PC teman-teman yang penyakitnya sama dengan saya, bisa langsung di coba install ulang windows nya. Ada baiknya, mulai sekarang, sobat mengumpulkan software standar seperti winRar, GOM, Adobe, Chrome atau FireFox, antivirus, dsb untuk jaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bisa cepat diatasi. BackUp juga data-data penting. Sepele sih, tapi begitu kejadian, alamak ... ngeri nya bukan main.

3 komentar :

  1. Gan ane punya masalah yg sama tapi pc, pc ane nyala awalnya tapi pas paginya dinyalain ada pesan begitu jg ... trus di nyalain sih nyala .. tapi lola alias loading lama ...tampilan jg agak blur

    BalasHapus
  2. Trus datanya gmana gan?? Agan pake 2 partisi yak??

    BalasHapus
  3. Gan, laptop ane merek acer, kendalanya sama kaya gitu, cuma muncul kodenya nggm blackscreen, tapi blue screen kata"nya persis kaya gitu, ada saran nggk selain install ulang?

    BalasHapus