Rabu, 30 Juli 2014

LIBUR LEBARAN, BALI DIPADATI KENDARAAN LUAR KOTA

Tak terasa, ini kali ke tiga saya tidak mudik merayakan lebaran Idul Fitri di Bandung. Rasa rindu terhadap kedua orang tua dan adik pastilah ada. Bahkan saya sampai iri plus makan hati melihat mereka yang pulang kampung bermacet-macet ria di berbagai ruas jalan, apalagi hampir semua stasiun televisi menyiarkan bagaimana 'serunya' prosesi tradisi mudik di banyak tempat baik yang melalui udara, darat dan laut.

Salah Satu Kendaraan Asal Surabaya Melintasi Jln. By Pass Ngurah Rai Sanur

Pada tahun ini di Bali atau lebih tepatnya memasuki hari ke dua Idul Fitri, Selasa (29/7), saya amati ada fenomena baru terkait musim liburan panjang lebaran. Saya perhatikan banyak kendaraan luar kota khususnya ber-plat nomor Surabaya (plat L) memadati kawasan wisata pulau dewata. Disusul kemudian kendaraan asal Jakarta (plat B). Tahun-tahun kemarin, rasa-rasanya ngga ada fenomena seperti ini tuh. Biasanya pas musim lebaran, Bali justru sepi. Ruas jalan banyak yang lenggang. Kalau toh pun ada, kebanyakan mereka adalah warga Bali yang melangsungkan rutinitas seperti biasa.

Sejumlah Kendaraan Asal Surabaya Parkir Di Penginapan Daerah Sanur
Kendaraan Asal Jakarta


Fenomena ini tentu memberi warna tersendiri bagi para pelaku usaha Bali. Saya juga senang pulau sejuta dewa-dewi dikunjungi banyak pendatang. Bali jadi gak sepi-sepi amat. Mereka yang datang kebanyakan warga Tionghoa yang membawa serta anggota keluarga dan sanak saudara berlibur. 'Jatah' libur yang cukup panjang bisa dipergunakan untuk mempererat dan menjembatani komunikasi yang baik antar anggota keluarga secara intens setelah sekian lama waktu mereka dihabiskan untuk bekerja atau urusan penting lainnya. Berkah hari raya Idul Fitri ternyata bukan saja milik mereka yang muslim, non-muslim pun bisa merasakan 'keindahan' yang sama.

2 komentar :

  1. Seperti biasanya ya :) tiap musim liburan bali pasti ramaai~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Libur Mutu,

      Iya, Bali selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik sewaktu libur panjang -long weekend- atau liburan sekolah.

      Terima kasih sudah berkenan meninggalkan komentar :)

      Hapus