Sabtu, 27 Juni 2015

Beli Aplikasi WhatsApp Via XL

Betapa senangnya saya begitu tau kalau sekarang provider XL telah mendukung layanan Google Carrier Billing. Dengan layanan itu, kita bisa beli aplikasi android di Google Play Store tanpa harus menggunakan kartu kredit. Cukup dengan sistem potong pulsa.

Dari sekian banyak aplikasi yang ada pada smartphone saya, aplikasi yang paling saya butuhkan adalah WhatsApp. Seperti yang kita ketahui bersama, aplikasi satu ini tidak lah gratis.

Umumnya developer memberi rentang waktu masa percobaan (trial) selama satu tahun. Bagaimana cara mengetahui kapan habis masa berlakunya? Bisa dicek di Settings --> Account --> Payment Info. Perhatikan kolom bertuliskan “Service Expiration”.

Masa berlaku WhatsApp saya masih lama. Kira-kira ada setahunan lagi. Tapi karena penasaran dan ingin mencoba layanan ini, saya akhirnya tertarik untuk melakukan pembayaran. Setelah dicoba ternyata caranya gampang dan tidak ribet.

Bagaimana cara melakukan pembayaran aplikasi android di Google Play Store menggunakan layanan Google Carrier Billing atau potong pulsa?


Langkah 1. Masuk ke menu Google Play Store. Kamu diwajibkan memiliki akun gmail dan telah log-in.


Langkah 2. Atur metode pembayaran di menu My Account dan isi form registrasi sesuai identitas (alamat, kota, kodepos, nomor telepon dsb).

Langkah 3. Buka aplikasi WhatsApp. Pilih Settings --> Account --> Payment Info. Di sana ada tiga pilihan, mau beli satu tahun (US$ 0.99), tiga tahun (US$ 2.67) dan lima tahun (US$ 3.71) sekaligus. Pilih salah satu sesuai budget.

Pada kesempatan ini saya pilih yang satu tahun karena pulsa saya hanya mencukupi beli layanan selama setahun. Perlu diperhatikan US$ 0.99 itu belum termasuk biaya pajak sebesar 10% ditambah service 2%.


Langkah 4. Pilih menu Google Wallet. Nanti akan diminta konfirmasi password email. Ikuti langkah selanjutnya dan selesai.

Pemberitahuan jika transaksi berhasil dilakukan

Kita akan mendapatkan pemberitahuan lewat WhatsApp, Email dan SMS yang menyatakan bahwa telah melakukan pembelian aplikasi.

Pemberitahuan seperti ini akan muncul jika pulsa tidak mencukupi

Bagaimana? Caranya cukup mudah bukan? Tidak hanya aplikasi saja, kita juga bisa membeli berbagai macam e-book, musik, games dan lain sebagainya. Pastikan pulsa kamu mencukupi sebelum melakukan transaksi.

2 komentar :

  1. jadi semakin mudah ya gan tidak perlu kartu kredit. jadi pelanggan lebih mudah untuk belinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener mas Walidin. Sekarang lebih gampang beli sesuatu di google play store :)

      Hapus