Minggu, 31 Maret 2013

SARAPAN PAGI: TAK HANYA MEMBUAT TUBUH KUAT

SARAPAN PAGI TAK HANYA MEMBUAT TUBUH KUAT

Sudahkah sobat SARAPAN PAGI ? Baguslah kalau sudah :). Bagi yang belum, mungkin artikel yang satu ini menarik untuk sobat baca. Selain membuat tubuh terasa lebih bersemangat dan siap menjalankan aktivitas, sarapan juga memiliki manfaat lain yang tidak diketahui oleh orang banyak …

SARAPAN PAGI sering dianggap “sepele” oleh kebanyakan orang. Setau mereka manfaat dari sarapan hanya sebagai SUMBER TENAGA untuk menunjang aktivitas hingga di siang hari. Namun tahukah sobat, ternyata manfaatnya TIDAK hanya sebatas itu. Masih ada 4 “rahasia” lain, yaitu :

1. NUTRISI OTAK
Bagian tubuh ini seperti “Command Centre”. Seluruh gerakan entah itu disadari atau tidak berasal dari Otak. Nah.. Bahan bakarnya otak adalah nutrisi. Apa akibatnya jika nutrisi tidak terpenuhi? Sobat tidak bisa berpikir/konsentrasi dengan baik. Apalagi disaat penting seperti saat proses belajar yang pasti memerlukan konsentrasi tinggi. Gejala lain adalah sobat merasakan pening/pusing, lemas, tidak bergairah, atau mengantuk. Tidak hanya sobat yang masih duduk di bangku sekolah, mereka yang sudah bekerjapun akan merasakan hal yang sama. Tidak dapat bekerja dengan baik dan teliti. Riset di China membuktikan bahwa mereka yang rutin sarapan memiliki tingkat kecerdasan IQ jauh lebih tinggi dibandingkan siswa yang sering melewatkan waktu sarapan. Itulah mengapa orangtua (khususnya Ibu) selalu mewanti-wanti untuk sarapan pagi.

2.DIET ALAMI
Informasi menarik bagi sobat yang peduli kesehatan (berat badan). Dengan sarapan rutin, sobat akan terhindar dari bahaya penyakit obesitas (kegemukan) karena tidak akan ngemil sembarangan hingga siang hari.

3.TERHINDAR BAHAYA KOLESTEROL
Pola hidup yang tidak teratur (istirahat, makan, dll) karena padatnya aktivitas ditambah jarangnya sobat berolahraga berpotensi besar terkena penyakit kolesterol. Saran saya, biasakan konsumsi wheat/gandum karena dapat MENYERAP kolesterol jahat didalam tubuh sobat. Selain itu, menu makanan berbahan gandum mampu mempertahankan rasa kenyang lebih lama ketimbang jenis makanan lain.

4.KEBERSAMAAN
Ditengah jaman seperti saat ini, menghabiskan waktu bersama keluarga menjadi hal yang MAHAL harganya. Nah.. sobat bisa memanfaatkan waktu yang sedikit ini untuk sharing dengan kedua orangtua bagaimana keadaan sekolah belakangan ini dan sebagainya :).

Dari beberapa point diatas, bagaimana menurut sobat? Apakah sobat masih menyepelekan sarapan pagi? Cukup meluangkan waktu sekitar 15 – 20 menit setiap pagi sebelum beraktivitas akan berdampak besar untuk kehidupan sobat bukan hanya sekarang, tapi juga dimasa yang akan datang :). Selamat sarapan pagi dan selamat beraktivitas, sobat …

Tidak ada komentar :

Posting Komentar