Kamis, 04 April 2013

MENULIS DENGAN HATI CARANYA BAGAIMANA SIH?

MENULIS DENGAN HATI

Sebagai seorang blogger pemula, beberapa hari ini saya bingung dengan kalimat “MENULIS DENGAN HATI”. Konon katanya, jika sobat mampu memberikan “nyawa” disetiap tulisan/artikel akan memberikan efek luar biasa bagi si pembaca. Luar biasa dalam artian si pembaca merasa nyaman dan tidak merasa bosan dengan artikel yang kita tulis.

Lalu bagaimana caranya? Ilmu pengetahuan seputar dunia tulis menulis pun saya ‘tak punya. Apalagi ilmu jurnalistik. Jadi teringat semasa sekolah saat pelajaran bahasa indonesia, saya selalu meremehkan pelajaran ini. Sekarang udah ‘gede, baru terasa manfaat dari pelajaran bahasa indonesia. Penyesalan selalu datang diakhir cerita..

Berangkat dari kalimat, “Tidak ada kata terlambat untuk belajar” dan “Banyak jalan menuju Roma”, saya coba mencari ‘tau arti definisi Menulis Dengan Hati lewat google. Dan dari beberapa artikel yang saya baca, bisa disimpulkan sebagai berikut:

1.TULISLAH ARTIKEL SESUAI DENGAN MINAT dan KEMAMPUAN
Tulislah artikel yang sobat senangi dan paham betul materi yang harus disampaikan. Mungkin sobat lebih paham dan mengerti bagaimana cara membuat blog gratis kurang dari 5 menit, bagaimana mengubah tampilan template blog standar menjadi lebih menarik, bagaimana caranya membuat email dibandingkan perseteruan Adi Bing Slamet dengan Guru Spiritual Eyang Subur.

Lalu bagaimana caranya jika saya ingin menulis artikel lain diluar kemampuan saya? Solusinya perbanyak membaca.. membaca.. dan membaca (sekaligus referensi kalau ada) sampai sobat PAHAM SELUK BELUK MATERI yang ingin sobat angkat.

2.MENGALIR SEPERTI AIR dan IKHLAS
Saat menulis jangan pikirkan struktur kalimat, ejaan, hasil akhir artikel, harus cepat publish, takut gagal menarik minat pembaca, sudah SEO friendly kah tulisan saya, dan lain sebagainya. Intinya Just Let It Flow Like a Water. Urusan editing nanti saja, belakangan.

3.MOOD
Last But Not Least adalah Mood menulis. Mood yang baik akan membuat sobat nyaman menulis sehingga menghasilkan artikel terbaik, begitu juga sebaliknya. Bagaimana kalau mood sedang tidak bersahabat? Mungkin karena ada sedikit pikiran/masalah di sekolah, kampus, atau kantor? Jangan dipaksakan. Blog tidak pernah menuntut sobat untuk selalu update on-time. Jalan keluarnya sobat bisa refreshing menikmati secangkir teh hangat dan biskuit sambil menikmati pemandangan/lingkungan sekitar. Tapi sepertinya terlalu berlebihan untuk masyarakat kita ya? Diubah saja kalau begitu, sobat bisa refreshing terlebih dahulu. Bentuknya apa? Terserah sobat. Ada yang suka jalan-jalan, cari ilham selagi mandi di kamar mandi, menonton acara TV, ngemil, dan lain sebagainya.

Itulah arti definisi “Menulis Dengan Hati” menurut saya. Jika sobat memiliki sanggahan atau masukan lain, saya sangat senang untuk sharing bersama. Namanya juga blogger pemula, masih sering berbuat kesalahan entah dalam hal penulisan kalimat dan lain sebagainya. Happy blogging, sobat.. :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar