Kamis, 21 Mei 2015

Operasi Pasar LPG 3Kg di Sanur

Truk Pengangkut Gas LPG 3Kg
Sewaktu perjalanan menuju kantor tadi pagi, saya melihat adanya sebuah truk warna merah yang mengangkut ratusan tabung LPG ukuran 3Kg sedang parkir di jalan Danau Buyan depan Br. Taman Sari, Sanur, Bali, Rabu (20/5). Yang membuat saya sedikit mengernyitkan alis adalah pada bagian depan truk tersebut terpasang spanduk putih bertuliskan “Operasi Pasar Elpiji 3Kg”.

Lantaran dirundung rasa penasaran, setelah absen kantor dan membawa serta perangkat kerja, saya memutuskan balik ke tempat tadi untuk menggali informasi lebih dalam.

 

Perusahaan yang mendistribusikan pada kesempatan itu adalah PT. Distribusi Energi Bali. Kantornya berada di jalan By Pass Ngurah Rai No. 8 – 10x, Br. Pesanggaran, Denpasar Selatan.

Ngga Pakai Baju Mungkin Takut Kehabisan Stok :p

Sejauh pantauan saya di lokasi, tidak terjadi antrian panjang. Kegiatan tersebut berjalan aman, tertib dan kondusif. Kebanyakan pembeli berasal dari kalangan rumah tangga. Mereka datang menggunakan kendaraan sepeda motor.

Pembeli Kebanyakan Berasal Dari Kalangan Rumah Tangga

Prosedur pembelian gas LPG di tempat ini cukup mudah, yakni dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kota Denpasar –KTP luar daerah tidak berlaku-. Selain itu, pembelian juga dibatasi maksimal dua tabung.

Petugas kemudian mencatat data baik nama maupun alamat yang tertera pada KTP lalu meminta tanda tangan pembeli. Petugas juga membuatkan nota pembelian rangkap dua, putih untuk pembeli dan merah untuk diserahkan ke petugas yang berada di dekat truk. Harga pertabung dibanderol Rp. 14.500.

Petugas Mendata Sekaligus Melayani Pembeli


Dari tiga pegawai yang bertugas melakukan pencatatan dan melayani pembelian, ketiganya tidak berkenan memberi keterangan atas pertanyaan yang saya ajukan. “Kita hanya pelaksana, Mas. Detailnya bisa hubungi Bapak Riki bagian Sales Executive di kantor Pertamina jalan Sugianyar, Denpasar,” ujar staff berjilbab warna merah, “Satu truk ini mengangkut 560 tabung”.

Menurut warga, kegiatan semacam ini sangat membantu khususnya masyarakat kalangan kecil. Dimas Wigianto, warga jalan Danau Buyan mengatakan, “Saya biasa beli harganya Rp 20 ribu, Mas. Itupun jaraknya lumayan jauh di daerah Panjer sana,” ujarnya sambil menaikkan dua tabung LPG yang baru dibelinya ke atas sepeda motornya.

Hal senada juga dilontarkan Ketut Merta, warga jalan Pantai Sindhu, “Cari stok LPG 3Kg sekarang susah, Mas. Harganya bisa Rp 20 ribuan/tabung.”

Menurut pengakuan pegawai berjilbab warna merah tadi, kegiatan ini hanya berlangsung pada hari ini (kemarin) saja, mulai dari pk. 08.00 – 12.00 Wita.

LPG 3Kg Langka di Denpasar

SPBU 54.801.40 Kehabisan Stok LPG

Benarkah stok LPG 3Kg di Denpasar langka? Untuk menjawab pertanyaan ini, saya kemudian mengunjungi sejumlah tempat yang menjual LPG 3Kg secara acak baik itu tingkat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) hingga ke toko sembako.

SPBU 51.801.30 jalan Hayam Wuruk


Sebanyak lima SPBU kehabisan stok, yaitu SPBU 54.801.15 jalan Raya Puputan Renon, SPBU 54.801.33 jalan Imam Bonjol, SPBU 54.801.40 jalan Pulau Kawe, SPBU 54.801.20 jalan Cok Agung Tresna dan SPBU 51.801.30 jalan Hayam Wuruk. Petugas yang saya tanyai dimasing-masing SPBU mengaku tidak tahu menahu kapan stok LPG 3Kg akan tersedia. Petugas SPBU 51.801.30 jalan Hayam Wuruk contohnya, ia bahkan mengatakan stok telah habis sekitar satu bulanan yang lalu.

Bagaimana dengan ketersediaan di toko sembako? Toko Citra jalan Subur Gang Mirah Hati No. 55x, Monang-Maning, Denpasar, kehabisan stok. Pemilik toko mengatakan ia menjual LPG seharga Rp. 20 ribu/tabung. “Tapi sekarang susah, Mas. Biasanya tiga hari petugasnya datang, tapi ngga tau ini kok lama datangnya. Udah hampir dua mingguan petugasnya belum ke sini”.

UD. Candra Baru Dapat Kiriman Stok LPG

Toko UD. Candra jalan Tukad Yeh Aya IX No 18, Denpasar, stok tersedia. Itupun baru datang. Harga yang dipatok Rp. 20 ribu/tabung. Begitu pula dengan Triple-Mart jalan Tukad Yeh Aya IX, juga menjual Rp 20 ribu/tabung.

Triple-Mart Menjual LPG 3Kg Seharga Rp 20 ribu/tabung

Kian mahalnya harga gas LPG 12Kg membuat banyak masyarakat lebih memilih menggunakan gas LPG 3Kg. Tingginya permintaan pasar tidak sebanding dengan produksi yang dihasilkan. Walhasil, terjadilah kelangkaan disejumlah tempat termasuk diantaranya Kota Denpasar.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar