Kamis, 12 November 2015

Jangan Mudah Tergiur Promosi, Perhatihan Jangkauannya

Jangan gampang tergoda tawaran provider. Bagus menurut kita, belum tentu baik coverage area-nya. Bukannya senang, saya justru dongkol.

XL menawarkan paket internet mulai harian hingga bulanan dengan harga terjangkau. Dua diantaranya adalah Super Ngebut dan Turbo Ngebut.


Super Ngebut bulanan menawarkan jatah paket data internet sebesar 2.2 GB seharga Rp 20 ribu, 5.5 GB seharga Rp 40 ribu, 7.7 GB seharga Rp 60 ribu, 12 GB seharga Rp 80 ribu dan 16.5 GB seharga 100 ribu.

Sementara Turbo Ngebut bulanan menawarkan jatah paket internet sebesar 3.3 GB seharga Rp 30 ribu, 6.6 GB seharga Rp 60 ribu, 9.9 GB seharga 90 ribu dan 13.2 GB seharga 120 ribu.

Buat saya kuota di bawah 5 GB sudah mencukupi. Toh hanya dibuat browsing, chatting, streaming itu pun jarang-jarang. Pernah saya beli paket internet 5 GB justru banyak terbuang percuma. Maka dari itu, saya putuskan memakai kuota 2 GB’an.

Awalnya saya setia di paket Super Ngebut yang 2.2 GB. Tapi sewaktu lihat paket penawaran lain, saya kepincut dengan Turbo Ngebut berukuran 3.3 GB. Selisih 10 ribu dapat ekstra kuota satu giga. Wah boleh dicoba nih, pikir saya.

Layanan itu pun saya aktifkan. Ketika mencobanya di kost, huaduh, malah ngga bisa browsing.

Usut punya usut, ternyata Turbo Ngebut hanya ‘jalan’ di area 3G. Biasanya di layar smartphone ber-icon “H”. Sedangkan 2G atau “E” tidak bisa digunakan.

Alamak! Terpaksa deh sebulanan itu makan hati. Hanya bisa dinikmati sewaktu berada dalam jangkauan 3G. Selebihnya manyun.

Saya juga yang salah. Kurang teliti sebelum membeli. Padahal di menu layanan XL sudah diterangkan Turbo Ngebut hanya ‘jalan’ di jangkauan 3G. Daerah kost saya memang termasuk hunian baru. Bahasa kerennya “baru babat alas”. Kawasan ‘sedikit’ pinggiran. Walhasil jangkauan signalnya kurang kuat.

Setelah peristiwa itu saya kapok pakai Turbo Ngebut. Balik lagi ke Super Ngebut. Setelah diaktifkan semuanya berjalan lancar dan normal tanpa hambatan.

Dari kejadian saya, bisa diambil hikmahnya. Tawaran kuota melimpah belum tentu cocok. Kembali lagi ke kuat-lemahnya signal dan segi jangkauan providernya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar