Jumat, 19 Juli 2013

BERKUNJUNG KE KANTOR ESL EXPRESS SANUR

KANTOR ESL EXPRESS SANUR BALI
Malam hari sekitar pk 20.15wita (18/7), saya mengunjungi Kantor ESL Express Sanur (314) Denpasar. Kantor beralamatkan Jalan By Pass Ngurah Rai No 89 itu dulunya tempat mencari nafkah saya selama di Bali (4 Februari 12-29 Mei 13). Menurut saya, masa kerja ‘segitu termasuk waktu yang tidak sebentar. Banyak kisah (suka-duka) di kantor ini. Menjadi “saksi bisu” perjalanan hidup selama merantau di tanah orang (Bali).

SITUASI KANTOR ESL EXPRESS SANUR

Pada kesempatan ini, saya ingin bersilahturahmi dengan Pak Miskan (Mekanik LORENA) dan berniat melunasi hutang ke Didik Purnomo Siki (Staff Loader). Bukan hutang uang, melainkan 2 pcs seragam ESL Express (hibah). Soal seragam, distribusi dari pusat ke daerah terbilang LAMBAT! Sangat.. sangat.. LAMBAT! Karyawan yang sudah mengabdikan diri selama 2th saja, belum tentu dapat jatah seragam. Entah itu untuk menghemat pengeluaran atau bagaimana, saya tidak ‘tau persis alasannya.

DIDIK PURNOMO SIKI (LOADER) SAAT BERTUGAS MALAM

Saya rindu dengan Kantor ESL Sanur. Saya rindu dengan pegawai disini (Driver, Rider, SC, LOADER, OB), terutama Pak Nanang selaku Kepala Cabang ESL Bali. Saya rindu dengan “para pahlawan” (Driver Lorena, Kenek, dan Driver Kargo ESL) yang tiap harinya menghabiskan waktu di jalan. Mulai ujung ke ujung (Pekan Baru hingga Denpasar) demi menyambung hidup keluarga. Demi sesuap nasi untuk istri dan anak. Demi kebutuhan biaya sekolah agar kelak sang-anak tidak bernasib sama dengan ayahnya. Habis termakan usia menjadi seorang buruh kasar. Belum resiko di jalan yang harus dihadapi seperti kecelakaan lalu-lintas sampai tanggung jawab membawa ratusan nyawa dan paket barang. Rasanya upah yang mereka terima tidak sebanding dengan kerja keras dan tanggung jawab yang mereka pikul.

Hampir satu jam saya “nongkrong” di Kantor ESL Sanur. Sebetulnya masih banyak hal lain yang ingin dibicarakan. Berhubung besok saya kebagian shift pagi, terpaksa saya pamit undur diri untuk segera menyelesaikan artikel ini dan segera beristirahat...

2 komentar :

  1. Gan, ane dpt panggilan interview tgl 25/02/15.. Mau nanya, sistem penggajian ESL kyk gmna gan ? Diatas atau dibawah UMR ? Dpt tunjangan apa aja ? Mhon infonya ya gan.. Tks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Putra Sunda,

      Bicara soal penggajian saya sudah lupa sistem penggajian mereka cut off dari tanggal berapa sampai tanggal berapa. Zaman saya dulu (2013-2014) besar gaji tidak tetap karena mengikuti hasil penjualan. Kalau pas lagi ramai ya dapet lebih, kalau ngga ya segitu aja. Pernah juga saya dapat di bawah UMR beberapa kali tapi ngga parah-parah amat sih.

      Jujur aja, dulu (sewaktu saya masih kerja, ngga tau sekarang) gaji sering telat dibagi ke karyawan. Entah ada masalah apa di atas. Terus tingkat turn over mereka cukup tinggi. Dengan kata lain banyak staff yang keluar masuk.

      Soal tunjangan, setau saya hanya kepala cabang aja yang dapat. Kita (level staff) baru dapat 'ceperan' sewaktu nge-packing barang khususnya paket sepeda motor.

      Terus apa lagi ya? Oh iya, sewaktu mereka menerima pegawai baru, ijazah asli selalu diminta dan baru dikembalikan sewaktu memenuhi proses resign yang 'panjang'.

      Hapus