Rabu, 25 September 2013

Bagaimana Cara Ampuh Basmi Kutu Anjing

KUTU ANJING BERBAGAI UKURAN (google)

Kutu Anjing, menurut saya sejenis makhluk parasit yang sangat menyebalkan khususnya bagi dog lovers. Bagaimana tidak? Mereka mampu berkembang sangat cepat, hingga merepotkan sang-pemilik kalau tidak telaten merawatnya.

Kutu indukan jangan dipites (dipencet) karena darah yang keluar justru akan melahirkan ribuan anakan baru. Satu-satunya cara aman adalah DIBAKAR atau DITENGGELAMKAN ke dalam air, minyak goreng atau minyak tanah. Masalahnya, masa iya kita bawa korek api atau minyak goreng kemana-mana? Sungguh merepotkan dan tidak praktis! Lantas, bagaimana cara ampuh basmi kutu anjing?
KUTU ANJING DI TELAPAK TANGAN (google)


Kemunculan kutu anjing satu ini, bukan barang baru lagi di dunia gukguk. Ada masa-masanya, biasanya beberapa bulan sekali, hewan kesayangan kita pasti terserang makhluk penghisap darah ini. Sekalinya mereka kenyang, tubuh mereka bisa “bengkak” 10 kali lipat dari aslinya, kemudian melepaskan diri dari inangnya, berjalan santai tanpa dosa ke sudut-sudut kamar dan berkembang biak. Tidak hanya ke sudut-sudut, mereka bahkan mampu menempel pada tembok.

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, kutu berbadan gemuk jangan sekali-kali dipites (dipenyet) karena darah yang keluar akan melepas ribuan anakan baru. Masalahnya, masa iya kita di rumah kemana-mana bawa korek atau wadah berisi minyak? Lalu hunting satu persatu, gitu? Ngga banget, deh...

Bagaimana cara jitu basmi bunuh kutu anjing secara instan? Setau saya, ada tiga cara, yaitu suntik kutu, diteteskan obat dan yang terakhir (ini cara instan paling cepat) badan si anjing kita siram dengan minyak tanah atau bensin sampai rata. Sobat pilih yang mana? Saya akan sharing kekurangan dari tiap-tiap cara ...

Suntik Kutu
Kekurangan: Darah si gukguk mengandung obat racun, beberapa dokter hewan dan petShop tidak menganjurkan penggunaan cara ini ketika anjing sedang hamil karena bisa membunuh sang-bayi. Sekali suntik kutu, harganya berfariasi, sekitar puluhan ribu rupiah.

Diteteskan Obat Kutu
Kekurangan: Penggunaannya sedikit rumit karena harus diteteskan pada kulit langsung. Kalau jenis anjing berbulu pendek sih ngga terlalu menyusahkan. Lha kalau yang berbulu tebal seperti kintamani? Harganya obatnya juga fantastis, satu koma sekian mili-liter aja harganya 90 ribu rupiah.
OBAT KUTU FRONT LINE

Untuk membasmi kutu anjing, saya biasa menggunakan obat Front Line. Saya ngga promosi, lho ya. Kalau sekiranya sobat mempunyai produk lain yang khasiatnya sama, ya silahkan. Front Line dibedakan dua jenis, berdasarkan berat badan dan umur sang anjing. Fungsinya juga dibedakan, hanya untuk membunuh larva atau membasmi secara keseluruhan (total).
OBAT KUTU FRONT LINE PERBANDINGAN DENGAN KOREK API

Sekedar sharing foto petshop langganan saya, di mana menurut saya, petshop ini menyediakan segala kebutuhan hewan peliharaan kita, mulai dari A sampai Z ...
KELENGKAPAN PET SHOP
OBAT HEWAN


Badan Anjing Kita Siram Minyak Tanah
Kekurangan: Sangat TIDAK DIANJURKAN menggunakan cara ini, kasian anjingnya. Kalau tidak percaya, coba aja sobat lumuri kulit sobat dengan minyak tanah atau bensin. Apa rasanya? Panas? Sekarang, coba pikirkan lagi, bagaimana perasaan si anjing yang notabene harus menahan rasa panas itu selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari?

Biasanya cara ini dipakai oleh orang-orang yang tinggal di pedalaman desa (nuwun sewu lho ya, no hurt feeling) yang tidak cukup modal. Saya bilang seperti ini karena melihat dengan mata kepala sendiri dan berdasarkan bukti. Anjing yang disiram minyak tanah, umumnya mereka lesu, lemas dan kebingungan kesana-kemari karena menahan panas. Kasian kan? Saya tidak menyalahkan sih, namanya juga faktor ekonomi.

Nah.. dari apa yang sudah saya sampaikan, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi sobat dog lovers.

71 komentar :

  1. petshopnya daerah mana tuh gan yang lengkap?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Tattooartist,
      Nama petshopnya "Bali Petshop" Jln. Raya puputan renon (dekat New Clarence Bridal).

      Bali Petshop cabangnya banyak, ngga hanya ada di jalan itu aja. :)

      Salam kenal, sebelumnya :)

      Hapus
  2. Hrg front line brp y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo ...
      Harga Obat Kutu Front Line pada gambar di atas, terakhir saya tanyakan 90 ribu sekian -hampir 100 ribu-. Memang mahal sih, tapi hasilnya pada anjing kintamani sesuai kok. Kutu-kutu nya langsung mati kering seperti keripik emping :p

      Hapus
  3. Itu obat tetes kutu kan..sy orang solo..punya nomer tlp toko itu gak?karena cari obat tetes seperti itu susah d solo..sy baru cari buat 4 anjing saya krn pakainya lebih simpel drpd nyuntik..tlg infonya yaa..kirim ke email saya bcpdete@gmail.com krn sy lg butuh bgt..makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Bernadete Christyalenta ...
      Okay ... Email just sent to you :)
      Please check your inbox ...

      Salam kenal

      Hapus
  4. Kak bsa beli secara online tidak?
    Kalau bsa gimana caranya kak?
    Tolong dibles iya kak.trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Suszie Elzie, salam kenal sebelumnya dan maaf baru sempat balas pertanyaannya.

      Soal pembelian secara online rasanya bisa. Tapi ngga tau lagi kalau pengiriman keluar area Denpasar Bali.
      Atau kalau mau, saya bisa bantu kirimkan via jasa paket. Tapi yang jelas, ngga bisa lewat JNE karena obatnya berupa cairan.

      Gimana ?

      Hapus
    2. Saya mau donk.. sya tinggal di renon sih.. cara penggunaan obatnyq gmn ? Nama obtnya apa yaa ?? Mksh mohon ifonya

      Hapus
    3. Hallo Rina,
      Di Renon yang banyak petshop yang jual FrontLine? Bisa ke Bahagia Petshop atau Bali Petshop. Cara penggunaan obatnya sudah saya jelaskan di artikel ini. Kalau masih bingung juga, bisa tanyakan ke petugasnya :)

      Hapus
    4. Hallo Rina,

      Setelah saya baca lagi artikel, ternyata belum diterangkan cara penggunaannya (Ups, My Bad :p).

      Pada intinya, obat kutu Front Line harus diteteskan tepat pada kulit anjing mulai dari pangkal kepala (tengkuk) sampai pangkal ekor secara merata dan nyambung, tidak boleh terputus.

      Untuk melakukan hal ini, saya sarankan mengajak seseorang terdekat atau setidaknya dua orang. Satu orang memegangi si anjing biar ngga gerak-gerak dan satunya lagi menetesi obatnya.

      Masalahnya ya itu, beruntung bagi mereka yang punya anjing berbulu pendek. Petaka bagi mereka yang anjingnya berbulu lebat karena akan jauh lebih sulit.

      Hapus
  5. Halo, harga suntik kutu berapa? Aku punya 3 anjing, dan kutunya banyak banget, aku sampe merinding kalo ngeliatnya. Krna sblumnya, ada temen nitip anjing yang kutunya udh ga karuan. Skrg dmana" udh sering nemu kutu drumah, ada dikamar, ditembok, kadang muncul di ruang makan. Cara basmi kutu berkeliarannya gmana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Stephani Putri ...
      Harga suntik kutu bervariasi, tapi perkiraan saya, tidak lebih dari Rp.80.000,-.
      Soal kutu-kutu yang berkeliaran, Stephani harus berburu kutu secara manual. Kutunya diambil satu-persatu, lalu ditenggelamkan ke dalam air. Jangan dipencet lho.

      Saya dulu juga punya pengalaman seperti Stephani. Si kutu ada dimana-mana, berkeliaran di dalam rumah. Orang tua saya sampai marah-marah. Usut punya usut, beberapa hari kemudian saya menemukan 'Sarang' si kutu, di belakang lemari kayu tempat parkir. Weh, itu koloni-nya luar biasa banyaknya! Kemungkinan tempat itu mereka pilih karena lembab dan aman. Langsung saya siram dinding itu pakai bensin dan saya bakar. Mati lah mereka semua. Tidak lama kemudian, serangan kutu pun berakhir. Mereka perlahan-lahan, hilang entah kemana.

      Saran saya, anjing-anjing Stephani akan lebih baik kalau diungsikan ke tempat yang aman. Tempat yang jauh dari kutu. Kebersihan kandang juga harus diperhatikan. Yang terakhir, Stephani harus rela bersih-bersih rumah lebih sering. Selagi bersih-bersih, coba cari sarang si kutu. Karena, mau sebersih apapun rumah tapi kalau masih ada sarangnya, pasti akan lebih lama sterilnya. Saya belum pernah coba menyemprotkan asap fogging ke kutu. Kira-kira bisa mati atau tidak.

      Mungkin itu penjelasan dari saya dan salam kenal sebelumnya :)

      Hapus
  6. Haii...
    Sekarang aku ngalamin serangan kutu parah nih. Yg nempel dianjingku udah banyak banget dan diseluruh bagian rumah jg udah menyebar bahkan dikamarku sendiri. Kalo obat buat semprot lingkungan bagusnya merk apa ya? Trus cara penggunaannya gmn baiknya?
    Nah, anjingku sdr sekarang baru ngelahirin. Aku bingung cara ngobatinnya gmn krn takut bikin anak2nya jd keracunan dan mati. Tolong bgt ya buat jawabannya.
    Thx berattttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo,

      Anak anjing jangan dikasih obat kutu. Terlalu riskan. Antibody-nya masih belum kuat menerima bahan kimia. Menurut saya, akan lebih baik dilakukan secara manual alias mengambil satu persatu dari badannya. Bisa menggunakan pinset untuk mempermudahkan mengambilan kutu. Memang agak melelahkan dan membosankan, sih. Tapi itulah cara paling aman jika kutu menyerang anak anjing.

      Hapus
    2. Oh iya, kutu paling doyan 'nongkrong' di area tersembunyi dari tubuh sang anjing. Coba periksa di dalam telinga dan celah kaki. Pasti buanyaaaak di sana

      Hapus
  7. pake HIT. pake B***** gak mempan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Vena,

      Saya sih belum mencobanya dan tidak mau melakukannya karena B**g*n terasa panas di kulit. Belum lagi nanti kalau sampai dijilat ... Dikhawatirkan nanti malah jadi 'gawat'

      Hapus
    2. aduh, kk gc ada cara yg laen ap,, aku ud coba semua cara tpi gc ada yg manjur

      Hapus
    3. Cara di atas masih belum manjur juga? Kalau begitu sudah saatnya di konsultasikan ke dokter hewan :)

      Hapus
  8. tapi jangan pas ada anjingnya. alias diungsikan sebentar. setelah baunya agak ilang baru dibalikin ke kandangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo lagi Vena,

      Baunya memang hilang dari penciuman kita, tapi tidak bagi anjing. Penciuman mereka kan jauh lebih peka ketimbang kita. Nanti spot yang telah kita 'guyur' sama kedua produk itu dijilat, lagi? Terlalu beresiko.

      Hapus
  9. obat kutu itu gag bsa di beli online kah
    soalnya kutu di anjing saya banyak bnget
    makasih tlong d bls

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Steven Himpong,
      Setahu saya, petshop-petshop besar ada yang terima pengiriman produk yang di beli konsumen secara online. Kalau boleh tahu, Steven domisilinya di mana, Gan?

      Hapus
  10. Sore gan, selain di petshop, adakah di jual di apotik atau di tempat lain, mohon di email ya, gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo GKA Minstry ...

      Kalau di apotek ya 'ngga ada lah karena obat khusus hewan. Coba hubungi dokter hewan terdekat di kota GKA Ministry. Biasanya mereka punya rekomendasi toko nya :)

      Hapus
  11. Hello darwin.. mau tanya apa kah setelah pemakaian frontline kutu gak bakal balik lagi? Soalny saya di rekomen juga sama saudara saya utk pakai itu... utk kebersihan rumah sih selalu saya jaga. Saya pel lantai dgn karbol

    BalasHapus
  12. Haloo darwin.. saya mau tanya dong dong apakah setelah penggunaan obat kutu frontine kutu2 trsb tdk ada lagi
    Kalo lingkungan kebersihan saya jaga terus dgn pel pakai karbol..
    Terima kasih sobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo, maaf baru sempat balas pertanyaannya,

      Setahu saya, kutu anjing itu selalu datang tiap musimnya. Jadi mau bersih atau kotor, tetap saja itu makhluk biadab balik menyerang. Tapi saya pernah dengar dari salah seorang pemilik anjing yang mengatakan bahwa anjing yang tidak pernah bermain di tanah tidak akan terserang kutu penghisap darah. Itu katanya sih ...

      Masalahnya, bisakah kita hindari medium tanah ketika mengajaknya jalan-jalan ke lingkungan luar? Anjing juga butuh kebebasan. Lari sana sini. Hampir tiap hari saya bawa dia ke lapangan kosong, kemudian tali kekangnya saya lepas biar dia bisa menghabiskan tenaganya.

      Hapus
    2. Hlo..anjing saya didlm rmh,g ada tanah juga semua udh permanen tekel,dtgnya drimana gtu yah,utk frontline pasti mati gak bakal balik lagi?kasian malteseku ampe g doyan makan..klo doggy yg lain kena pun msh mau makan..

      Hapus
    3. Hlo..anjing saya didlm rmh,g ada tanah juga semua udh permanen tekel,dtgnya drimana gtu yah,utk frontline pasti mati gak bakal balik lagi?kasian malteseku ampe g doyan makan..klo doggy yg lain kena pun msh mau makan..

      Hapus
  13. Untuk kutu saya rekomendasikan cairan Dalmat...campur air dan semprotkan di sekitar kandang dan area dogy berada..ke badan dogy jg bisa tp dijaga jgn sampai terjilat krn bs menyebabkan ngeces luar biasa..berliur. Sebotol kecil Dalmat hanya 50rb an kok dan bisa dicampur dengan air yg banyak n sangat manjur gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ini, ngeces luar biasa yang ngeri ... -kebayang lantai jadi basah sama air liur doggy-

      Hapus
  14. Di jakarta Ada ga ka karna anjing saya kutu Nya kaya udah mau milliaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Kenji,

      Ah, masa di Jakarta gak ada yang jual? Ngga mungkin ah. Coba browsing internet dengan tempat tinggal Kenji terdekat, pasti ada.

      Hapus
  15. Halo kak, aku punya anjing golden retriever umur 1,5th. Awalnya sih dia gak kutuan, eh baru td aku sadar ternyata di kepalanya ada kutu lumayan banyak. Padahal di rumahku selalu jaga kebersihan, nyapu ngepel setiap hari lah. Solusinya gimana ya? Thanks before.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo,
      Menurut saya kutu anjing punya siklus 'penyerangan' sendiri. Dalam satu tahun ada beberapa kali serangan. Menjaga lingkungan sebersih mungkin adalah langkah yang baik dan memang semestinya begitu.

      Lantas, bagaimana solusinya? Si teman setia kita mau tidak mau harus menjalani treatment kutu. Bisa dengan cara di suntik di dokter hewan, diberi obat khusus basmi kutu seperti yang saya jelaskan pada artikel ini atau dengan cara manual yaitu dicabut satu persatu.

      Tapi tetap, lingkungan harus bersih dan tidak lembab. Nanti perlahan, kutunya bakal lenyap sendiri kok :)

      Hapus
  16. klo kutu ny tu da bnyk bgt gmn y..kutu ny uda pd nusuk gt di bdan anjing..yg anak2 kutu ny jg bnyk ny mnt ampu...suntik mank ampuh? n aruz brp x suntik y

    BalasHapus
  17. klo make sabun jf sulfur mank ny bza y?..tu seh kata dokter hwan.

    BalasHapus
  18. saya tinggal di solo, saya bisa minta alamat toko yang jual obatnya, alamatnya bisa dikirim ke d4m4r.07@gmail.com , lagi emergency. trima kasih

    BalasHapus
  19. puppies sy supermini pom umur 2 bulan kurang 4 hari.kutu nya banyak.solusi yg bagus apa ya.soal nya kasian tidur nya ga tenang.garuk2 mulu.kata sebagian orang pakai kalung anti kutu ada yg muntah darah dll.sy jadi binggung solusi yang bagus apa -_-

    BalasHapus
  20. anjing lagi hamil tapi banyak kutu kecil kecil,bisa d kasih peditox ato obat kutu lain ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Clara Vita,

      Kalau si guk-guk sedang hamil, sebaiknya jangan diberi obat atau disuntik. Sebisa mungkin lakukan pengobatan dari luar. Bisa pakai sabun atau shampo khusus anti kutu anjing dsb. Kalau saya lebih suka dengan cara manual alias diambilin kutunya satu persatu pakai pinset.

      Hapus
  21. saya baru dapat anak anjing dan sudah dapat bonus kutu di dalam telinganya. kutu kutunya banyak sampai nutupin telinga dalam anjingnya. kira kira ada obat khusus basmi kutu di dalam telinga? kalau ada apa?

    BalasHapus
  22. Kk nih aq nemu anjing sh .. Tapi kutu a banyak banget .. Dan beragam -_- .. Cara nghilangin kutunya gimana ... Terutama yg kecil" tuh ... Rekomendasinya gimaana kak .. Malah tak potong habis bulunya buat nyari tuh kutu ..

    BalasHapus
  23. kak ada email ? mau tanya tanya masalah anjing nih. email ke : anastasya.bledz@gmail.com

    BalasHapus
  24. stress bget kutu anjing byk dan nepa k anjing lain..kutu itu bisa mati sndrii gk sih klo misalnya gk ad sumber makanan?mohon bantu info gan...

    BalasHapus
  25. God gw termasuk kalangan org pedalaman yg ga modal :'( tp cara gw pake minyaktanah plus minyak goreng jiaaahhh jd agak elit dikit menurut gw,,, tp ampuhnya seng ada lawang kata anak ambon deket rmh gw,,, soalnya dia pake buat adek cw nya yg terserang kutu juga :D

    BalasHapus
  26. Gimana cara ngilangin kutu yang ditelinga?kalo yang dibadan pake pedditox bisa gak?bahaya gak kalo dijilat anjing waktu kita ngasih pedditox dibadannya?

    BalasHapus
  27. mas, klo obat tets kutunya kejilat gimana yah? apakah aman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Kristian,
      Jangan khawatir, gak bakalan terjilat. Obat tetes kutunya langsung terserap ke dalam kulit. Jadi aman.

      Hapus
  28. Om, ada recommend obat kutu merek lain ngga ya?

    Frontline ngga manjur euy di anjing saya, cuma mahal doang yang ada, kutunya sih masih segar bugar. wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kutu macam apa itu kok bisa tahan? Setahu saya FrontLine adalah obat 'keras'. Terbukti dari sedikitnya cairan yang terdapat pada kemasan.

      Kristianus sudah cek ulang atau memastikan dosis FrontLine-nya sudah tepat? Soalnya macamnya banyak. Berdasarkan berat badan anjing dan umur.

      Kalau opsi lain saya tidak punya. Selama ini saya pakai FrontLine selalu manjur

      Hapus
  29. Bli darwin, anjing saya menyusui apa boleh dikasi frontline?
    Ada juga yang sedang hamil boleh gak dikasi front line bli?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saya bukan pakar dibidangnya, hanya pecinta saja, ada baiknya Gusti Ayu Made Sri Suari konsultasi ke dokter hewan.

      Menurut saya, lebih baik jangan. Takutnya nanti air susunya bercampur obat. Lebih baik dibasmi manual.

      Jeleknya manual ya gitu, kudu sabar cabutin satu persatu

      Hapus
  30. halo kak darwin
    aku punya 2 anjing small breed, yg 1 pom betina umur 13bulan, yg 1 lg campuran shihtzu mix maltese umur 6bulan.sekarang ini mreka lagi d serang kutu banyak banget smpe keliatan kutunya pada jalan gt padahal bulunya tebel. kutunya jg udah menyebar d rumah, d tembok, lantai, kasur, meja, korsi ���� wktu itu udh pernah kasi frontline tp ga mempa, takarannya 1 bungkus dibagi 2 cm d tetesin d bagian tengkuknya. mandi kutu sama cukur botak ngaruh ga sih kak untuk mengurangi kutu ? trs aku baca d internet ada yg pemgalaman mandiin anjingnya pake hit 'katanya' ampuh, kutu langsung pd mati. emg bener bisa kak ? ga bahaya buat anjingnya ? mohon dijawab ya kak. thankyou sebelumnya ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Nanthania Santana,
      Jangan bagian tengkuknya aja yang dikasih, tapi mulai dari tengkuk sampai pangkal ekor. Obatnya harus tepat di kulit. Kalau kena bulu, obatnya gak bisa meresap ke badan. Walhasil obatnya gak bekerja secara maksimal.

      Kalau memang kutu sudah terlalu banyak, lebih baik dipotong gundul sekalian. Trus dikarantina. Karantina di sini maksudnya, betul-betul dijaga kebersihannya. Mulai dari kandang sampai penghuninya. Kandang bisa dicuci bersih dicampur Wipol atau sebangsanya, dibagian kaki-kaki kandang dikasih oli atau apa gitu biar kutunya gak bisa merambat balik ke kandang dsb.

      Nah, kalau soal HIT, saya sarankan jangan karena peruntukannya bukan untuk hewan. Belum lagi resiko terjilat. Bisa aja ampuh tapi resikonya juga besar. Belum lagi nanti kulit doggy iritasi dan lain sebagainya. Lebih baik jangan

      Hapus
  31. Saya mau nanya dong kalok kutu dogy bisa nyerang manusia gak

    BalasHapus
  32. Jangan pernah dan sekali2 pake obat nyamuk untuk mengatasi kutu, walau hanya untuk bagian luar saja.... trust me.... sangat berbahaya bagi anjing kesayangan kita.

    BalasHapus
  33. Aku juga pernah liat, anjing nya korengan plus kutuan di lumuri oli kotor sama yg punya, hiii ..

    BalasHapus
  34. Halo kak..
    Kalo suntik kutu apakah ada efek samping pada ginjal si aniing itu sendiri?

    BalasHapus
  35. Halo kak..
    Kalo suntik kutu apakah ada efek samping pada ginjal si aniing itu sendiri?

    BalasHapus
  36. Mau tanya, kutu/caplak anjing juga bisa nyerang manusia ?

    BalasHapus
  37. Mau tanya, kutu/caplak anjing juga bisa nyerang manusia ?

    BalasHapus
  38. Obat kutu emang manjur (tp tergantung jg ya kondisi kutu pd anjing bnyk pa ngk ) saran q mnrt pengalaman kl pertama br punya guguk hrs langsung di grooming ke pet shop/dokter biar di bersihin semua. Setelah itu tnggl kt kontrol aja 2-3hari sekali alias cari manual kutunya, mandikan min' 1/2x seminggu. Pengalaman q kutunya biasanya balik lg minggu ke 2 stlh grooming. Biasanya ada 1-3 ekor yg dha mncl tngkp n bakar/masukin ke btl berisi minyak tanah, jngn dipencet. Saran saya jngn terlalu sering menggunakan obat/bhn kimia selama doggy kt sdh tdk merasa nyaman (jngn terlalu sering). Bawa ke dokter/pet shop untuk di grooming. Mahal tidaknya itu sdh resiko bg pecinta doggy. Perlakukanlah doggy layaknua ur' fam'/best friend.

    BalasHapus
  39. Jual online ga frontline nya kak ???
    Soalnya aku punya minipom 2 ekor betina jantan
    Cape aku nya mah tiap malam panen kutu terus
    Ada terus dan ga hilang hilang
    Gimana caranya yaa biar ga ada lagi
    Udah pernah pake peditox
    Aku yg malah ga tega liat doggi nya udah kedinginan, sekitar 10 menitan lagi peditoxnya
    Jadi bisa apa ga frontline itu d beli online
    Soalnya ini domisili kalimantan
    Dan petshop buat anjing terbatas
    Makasih.
    Klo ad pin bb atau id line
    Kirim ke email saya
    Lala_lha@yahoo.com
    Makasih

    BalasHapus
  40. Haii saya cahyadi dari jakarta.. Tmn saya punya usaha petshop.. Kalau ad yg mau beli via online bisa kontek saya di kontak bbm 2B82C91C

    BalasHapus
  41. Mau tanya ya ... pak
    Pom ku baru 6minggu bisa pakai frontline ?? Yg untk puppies 8 minggu ?

    BalasHapus
  42. Klo puppies 8minggu mending manual aja. Soalnya sepengetahuan sy,obat sejenis frontline itu aman utk anjing dewasa. Agak riskan utk puppies.

    BalasHapus
  43. Mau nanya gan....pemberian front line untuk kutu anjing yg sdh buaaayyaakknya luar biasa....dari pemberian yg ke 1 ke pemberian yg 2 paling cepat berapa lama waktunya ??

    Makasih

    BalasHapus