Sabtu, 02 November 2013

Tindakan Pertama Laptop Terkena Air

LAPTOP TERSIRAM AIR (ilustrasi google)

Bayangkan jika sobat memiliki sebuah laptop pembelian orang tua (sukur-sukur beli sendiri, mantab), tiap hari tu laptop disayang-sayang, diperlakukan penuh kehati-hatian dan tentunya benda ajaib itu sudah membantu banyak hal mulai dari tugas sekolah, kuliah, sampai pekerjaan. Kemudian, bayangkan jika laptop sobat terkena atau ketumpahan air. Bayangkan jika semua file tugas atau pekerjaan harus lenyap dalam sekejap begitu juga dengan foto-foto berharga dengan keluarga, kekasih, hewan peliharaan. Apa reaksi dan ekspresi sobat pada saat itu?


Itulah yang saya alami pada kamis siang (31/10), ketika wawancara dengan salah seorang narasumber di kawasan Kuta. Pelakunya tidaklah lain dari rekan kerjaku yang tidak sengaja menumpahkan teh botol tepat di atas tas laptop. Pada saat itu, saya tidak sadar kalau mengenai tas laptop, barulah sore harinya saat hendak membuka dan menyalakan laptop di kantor, lho kok ada air? Saya usap dengan belahan kain baju, lho kok airnya lengket-lengket warna cokelat ya? YA AMPUNN.. JANGAN-JANGAN KETUMPAHAN AIR TEH TADI!! Pekik saya dalam hati.

Berulang kali saya coba menyalakan laptop pakai baterai ataupun listrik, tetap tidak mau menyala. Hanya lampu indikator power saja yang menyala sedangkan hard disk tidak bekerja atau berputar. Saya PANIK! Cucuran keringat dingin membasahi dahi kemudian seluruh badan. Yang lebih jahanamnya lagi, rekan kerja saya hanya plonga-plongo belagak tanpa dosa. “Lho kok bisa ya?” begitu saja ekspresinya tanpa meminta maaf sedikitpun. Saya mau marah ya ngga bisa, namanya juga ngga sengaja. Kalau dibiarin ya rasa hati ini gimanaaa gitu.. panik dan emosi. “Coba dibawa ke service centernya, Mas.. biar cepat ditangani,” rekan kerjaku mencoba memberi solusi, meskipun saya tau, saya ngga bakal bawa laptop ke service center karena biayanya pasti selangit.

Di tengah kepanikan itu, saya coba berkonsultasi dengan customer service ASUS di daerah Tukad Barito, Renon, Denpasar. “Harga service 165ribu, itu di luar biaya spare part, Mas. Perkiraan penggantian spare part paling jeleknya sekitar 3 juta itupun ngga bisa cepat, paling ngga sebulan atau dua bulan.” DENGGG.. Badan saya terasa seperti dioyak, dunia seakan KIAMAT! Kenapa saya tidak akan bawa laptop saya ke service center? Banyak alasannya, pertama, karena waktu pengerjaan yang tidak bisa cepat dan mahalnya amit-amit jabang bayi. Kedua, bagaimana kita sebagai customer bisa tau kalau spare part laptop memang benar-benar rusak? Jaman sekarang banyak lho mafia teknisi macam laptop atau ponsel yang doyan ‘gorok’ dompet pasien gadgets. Belum lagi kemungkinan spare part asli bawaan barang kita di tukar dengan spare part bekas lain. Ketiga, file-file pribadi kemungkinan besar ‘diobok-obok’ oleh oknum yang tidak bertanggung jawab meski sudah di password.

Di tengah keputusasaan itu, saya menyebar kabar via SMS ke Ruth dan Ibu Bos selaku pimpinan media. Mengabarkan kalau laptop saya rusak ketumpahan air dan tidak bisa menyala. Pasti ada cara alternatif lain, pikir saya saat itu.

Beberapa menit kemudian, kekasihku Ruth membawa kabar gembira kalau laptop saya masih ada kemungkinan selamat! Begitu pula dengan beberapa artikel yang sempat saya baca di internet, artinya masih ada harapan!

Apa tindakan pertama saat laptop terkena, tersiram, atau ketumpahan air?
#1. Segera matikan atau lepas semua sumber daya (baterai atau listrik) dari laptop
#2. Seka tumpahan air menggunakan kain bersih sampai air terserap kain
#3. Berdirikan laptop seperti pada foto berikut

Si Merah Setelah Lewati Masa Kritis
#4. Jika masih ada sisa air mengalir, segera lakukan poin #2 
#5. Jemur laptop di tempat yang kering atau angin-anginkan menggunakan hair dryer
#6. Biarkan laptop dalam posisi berdiri dan terus angin-anginkan
#7. JANGAN GUNAKAN LAPTOP TERLEBIH DAHULU, PASTIKAN AIR SUDAH MENGUAP. Bagaimana caranya kita tau air sudah menguap? Pakai perkiraan saja, paling ngga 3 jam lah untuk lebih amannya. Kalau sobat punya banyak waktu, di hair dryer saja terus. Tapi jangan terlalu dekat dengan laptop, takutnya perangkat yang berbahan plastik bisa meleleh. Kunci utamanya, sobat harus bersabar. Jangan terburu-buru menyalakan laptop karena panik. Lebih baik sabar kan ketimbang harus beli baru?

#8. Setelah dirasa kering sempurna, perbanyaklah membaca doa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
#9. Nyalakan laptop.

Berdasarkan pengalaman atau pada kasus saya, ternyata tidak semulus atau segampang cara-cara di atas. Berkali-kali saya menyalakan laptop, masih juga tidak berhasil. Kalau sobat berani ambil resiko dan kebetulan ada obeng plus (obeng kembang), sobat bisa coba membongkar komponen laptop yang sekiranya bisa dilepas. Kalau komponennya paten, ya jangan dipaksakan lah, malah rusak jadinya. Waktu itu saya nekat mencongkel papan keyboard laptop sampai terlihat motherboardnya, kipas pendingin hard disk dan cd room. Kemudian saya arahkan hair dryer ke papan motherboard sampai beberapa menit. Saya coba nyalakan lagi laptop, tapi masih tetap saja ngga mau menyala.

Saya putus asa, harapan terakhir besok pagi (1/11). Sampai besok masih belum berhasil, berarti memang harus di ikhlaskan rusak. Sebelum saya tidur, laptop saya berdirikan dan saya angin-anginkan menggunakan kipas angin kecil.

Begitu pagi menjelang, tibalah detik-detik penentuan yang menegangkan. Saya komat-kamit tiada henti, indikator power nyala disusul kemudian indikator hard disk nyala, begitu juga lampu indikator lainnya. OH MY GOD.. LAPTOP SAYA TERSELAMATKAN (bisa nyala lagi)!!!

Menurut para ahli perlaptopan, asalkan bukan air kopi apalagi sampai terkena ampas kopi, berdasarkan pengalaman mereka, laptop masih bisa di selamatkan. Mudah-mudahan dari pengalaman ‘menegangkan’ yang pernah saya alami ini bisa bermanfaat untuk sobat yang tertimpa musibah seperti saya. Ingat, jangan panik dan terburu-buru.. semoga berhasil.

26 komentar :

  1. makasih ya gan infonya.. laptop ane kena bocoran aer hujan..... gk berani ngidupin laptop gan... takut konslet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Fauzi,

      Waduh... kena bocoran air hujan? Banyak ngga?
      Iya, jangan dihidupin dulu laptopnya.
      Dikeringin dulu pakai hair dryer ...

      Kalau udah yakin kering, baru deh dicoba nyalain.
      Semoga laptopnya cepet sembuh ya Fauzi.

      Salam kenal :)

      Hapus
    2. Bag semalam kena air laptop saya itu. Sebelumnya masih hidup pas waktu kna air. Laptopnya lgsung mati, gak hidup lgi. Setelah saya bongkar semua. Saya jemur selama 9 jam saya pasang krmbali gak hidup lagi. Saya mau tanya gmna cara meperbaiki nya lagi bag

      Hapus
  2. Pnya sata ketumpahan aur di bagian kanan keyboard. Saya bw ke asus senter, prakira harga berpa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Chacuk Trisa,
      Saya kurang tahu perkiraan biaya habis berapa. Yang pasti kalau di service pastilah menghabiskan dana banyak dan waktu yang lama karena laptop harus menginap di sana.

      Hapus
  3. Laptop saya barusan dapat informasinya kena 2 Jutaan. tgapi di Acer center

    BalasHapus
  4. Makasih artikelnya, hmpir sm kasusnya dngn sy, laptop kena air teh dri temen, dan sy akan coba dngn solusi diatas smoga nasibnya bs sm dngn laptop mas, bs nyala lagiiii... Aminnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Mas Apri Atmojo,

      Semoga, Mas. Semoga. Pokoknya selama di blower jangan diutak atik dulu. Tunggu dua atau tiga hari baru dicoba lagi.

      Mudah-mudahan laptopnya sembuh ya Mas. Mungkin harga laptopnya gak seberapa, tapi data di dalamnya itu lho yang priceless. Apalagi simpan kumpulan foto-foto jaman dulu. Nyeseknya setengah mati.


      salam,
      darwinarya

      Hapus
  5. Mas itu td kan mas sempet blg kalo mas nya sempet mencoba buat nyalain laptopny yg hbis ketumpahan teh kan ??soalnya laptop saya habis ketumpahan air putih ,ya karena saya panik mas dn belum sempet baca artikel nya mas ini jdi saya lgsg cba nyalakan laptop saya yg hbis kena air td ,awalnya emg yg nyala cm lampu baterai nya aj tapi lama kemudian mati bless semua nya mass ,gimana donk mas solusinya ??kira^ walaupun sdh sempet saya nyalakan awalnya masih bisa diselamatkan seperti laptop nya mas kan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Rosi Bela,
      Kalau masih kena air putih, kemungkinan besar (90 persen) bisa diselamatkan. Asal jangan ketumpahan air kopi aja. Butiran biji kopinya itu yang bikin masalah.

      Caranya seperti di atas,
      #. Dimatikan
      #. Di hair dryer
      #. Didiamkan beberapa hari sampai yakin airnya sudah menguap / kering.

      Semoga laptopnya cepat sembuh ya ^_^

      Hapus
  6. Halo mas, laptop Asus saya baru saja kena air teh, saya gak sadar soalnya yang numpang adek. Jadi gak langsung dimatiin, saya pake, eh keyboardnya ngaco mas, gimana ya? Kalo saya bawa ke Asus cenderung perkiraan biayanya berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Retno Sukmawati,
      Saya harap bukan teh yang ada ampasnya ya, yang netes ke laptop. Soalnya kalau ada ampas, takutnya, bagian-bagian kecilnya masuk ke komponen.

      Jujur soal perkiraan harga, saya kurang tau. Yang pasti mahal. Bisa sampai jutaan. Itu pun waktunya tidak sebentar. Berbulan-bulan.

      Sebetulnya bukan masalah biaya, data di dalamnya itu yang bikin nyesek.

      Mudah-mudahan laptopnya cepat sembuh ya Mba :)

      Hapus
  7. Mas saya mengalami hal yg sama. Tipe laptop pun sama. Saya sudah bongkar dan juga meng hairdriyer laptop tersebut, namun di coba di nyalakan beberapa kali juga mengalami nasib yg sama yaitu hanya tombol power yg hidup. Apakah masih ada kemungkinan selamat?

    BalasHapus
  8. Mas laptop lenovo saya ketumpahan kuah sup (adem) trus saya matiin dan balik kira" 15 menit. Setelah itu saya nyalain ada 5menit trus layar jadi putih dan bunyi beep beep. Kira2 masih bisa selamat gak ya. Trims

    BalasHapus
  9. Mas , saya kasus kena ketumpahan air , laptop masih nyala tapi semua keypad ga bisa digunain . kira2 apa yg bisa saya lakukan ? Kebetulan indikator wifi silang juga

    BalasHapus
  10. kak laptop saya barusan kena tumpah air putih.. ga sengaja ngenggol gelas dan kenanya tepat baguan keyboard. langsung saya matiin trus cabut batre.
    kira2 kalau ditumpuk beras bisa ga kak ?
    takut banget soalnya karna laptop pemberian emak bapak��

    BalasHapus
  11. mas laptop aku kebocoran air hujan dlm posisi kebuka. keyboardnya basah kuyup. uda aku keringin dan diemin 2x24 jam pake direndem beras. sekarang udah bisa nyala dan dipake lagi. tapi apa masih perlu di service kah mas? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  12. mas laptop saya kena bocoran hujan tapi dalam kondidi mati. posisi laptop terbuka dan keyboardnya basah kuyup. sudah saya keringkan pake kain, hairdryer dan kipas. trus saya rendem beras 2x24 jam. laptopnya sih sudah normal semuanya. tapi apa masih perlu dicek lagi ke service center? makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau semua perangkat tidak menunjukkan gejala aneh, menurut saya, tidak perlu. Selain mahal, waktu perbaikan setau saya tidak sebentar.

      Hapus
  13. Mas saya mau tanya. Kan barusan botol minum saya bocor di tas. Terus airnya rembes gt dan laptop saya kena air walaupun ngga banjir. Tapi keliatan masuk di sela2 gitu. Saya udah cabut batre,buka casing hardisk,dan skrg lagu diangin-angin pake kipas angin. Pertanyaannya
    1. Apa musti saya pretelin semua komponennya biar bner2 kering atau cukup bagian tertentu?
    2. Kira2 berapa lama proses pengeringan sampai bisa saya coba nyalain lagi? Ditunggu balasannya ya mas. Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Glea,

      Saya waktu itu hanya "berani" preteli sampai bagian keyboard-nya. Kalau Glea memang bisa melepas piranti-piranti laptop, silahkan, itu lebih baik karena air akan cepat kering karena berada di ruang terbuka. Tapi hati-hati lho, takutnya malah rusak karena salah pasang atau bagaimana.

      Berapa lama didiamkan, tergantung banyaknya air yang tumpah. Semakin banyak, tentu makin lama. Kalau saya menyarankan kurang lebih dua harian. Kasus pada laptop saya, saya keringkan pakai hair dryer. Itu pun setelah dikering-keringkan enggak langsung nyala. Didiamkan (lagi) beberapa jam.

      Mudah-mudahan laptop Glea bisa lekas sembuh :)

      Hapus
  14. Laptop saya tadi pagi kena tumpahan air putih di tas, sampe skrg belum nyala. Posisi laptop saat ini saya simpan dilaci ruangan ber-AC, bakal kering engga ya? Bisa nyala lagi ga ya? kalo ke asus service center tp masih garansi bakal full gratis atau engga kira2?

    BalasHapus
  15. Mas, saya jg mengalaminya hari ini sma sperti mas tp sygnya btrei lptop saya btrei tanam mas jd saya rada tkut buat ngbongkar atau di otak atik. It gmna mas udh dr jam 8 tdi syg angin2kan tp kok blm nyala jg :( gimana it mas msh bs d slmtkan jg gak :( mhon bntuannya mas

    BalasHapus
  16. Mas. Barusan kan laptop saya ketumpahan air putih kondisi sleep.

    Baterai rusak, jd waktu kabel dicabut langsung mati.
    Walo batre rusak, masih tak taruh di laptop. Dan dia terkurci (dulu pernah diservis) ga bisa dilepas.

    Saya bingung mau nglepas baterai. Tp g bisa. Walo sudh kering. Kira kira bisa nyala ga ya, (takutnya baterainya madih ada airnya

    BalasHapus
  17. Kak leptop sya kena air
    Tapi nggak mati.
    Pasa sya cast langsung mari dan ngga bisa nyala lagi.
    Kira kira gimana perbaikinya

    Blas

    BalasHapus
  18. Kak leptop sya kena air
    Tapi nggak mati.
    Pasa sya cast langsung mari dan ngga bisa nyala lagi.
    Kira kira gimana perbaikinya

    BalasHapus