Rabu, 31 Juli 2013

CAIRAN SETAN:CARA AMPUH MEMBOBOL ANAK KUNCI KENDARAAN BERMOTOR


Pada beberapa kasus curanmor yang berhasil diungkap teman-teman media, maling zaman sekarang tidak harus memakai ‘KUNCI T’ saat menjalankan aksi nekatnya. Beberapa diantaranya telah menggunakan ‘inovasi’ baru yaitu CAIRAN SETAN. Cairan ini memiliki kemampuan lebih hebat ketimbang kunci T. Cukup menyuntikkan cairan ini kedalam anak kunci, maling pun bisa kabur membawa kendaraan bermotor hasil incarannya. Apa sih CAIRAN SETAN? Bagaimana cara kerja dari cairan mematikan ini?


CAIRAN SETAN, itulah panggilan keren dikalangan maling kendaraan bermotor zaman sekarang. Cairan ini berupa senyawa kimia asam yang dapat merusak segala benda berbahan logam, seperti baja, besi, alumunium, dsb. Jika terkena benda berbahan logam (anak kunci, contohnya), benda tersebut akan meleleh dalam hitungan detik! Padahal, tidak mudah membuat cairan ini karena harus mencampur senyawa kimia lainnya. Entah bagaimana caranya mereka bisa paham kandungan kimia yang notabene tidak sembarang orang mengerti dan bisa membuatnya.

CAIRAN INI BERSIFAT KOROSIF TERHADAP SEGALA BENDA BERBAHAN METAL/LOGAM

Foto diatas memperlihatkan bagaimana reaksi logam dari anak kunci saat terkena senyawa kimia tersebut. Menurut para ahli, cara membawanya tidak bisa sembarangan. Harus menggunakan gelas atau botol kaca untuk menampungnya. Gas yang dihasilkan dari cairan ini sangat beracun dan jangan sampai terkena kulit.

“Cara kerja cairan ini memang bereaksi sangat cepat dan sangat keras. Kunci kontak yang biasanya terbuat dari besi dan baja merupakan makanan empuk. Disemprotkan atau disuntikkan 3 kali saja sudah pasti bisa merusak struktur dan komponen baja yang ada dalam kunci kontak”, penjelasan dari Prof.Ir.Bambang Suharmo, selaku Ketua Departemen Metalurgi dan Material Fakultas Teknik – Universitas Indonesia.

Lha kalau cara bermain mereka (maling) sudah modern seperti ini, bagaimana cara menjaga dan melindungi kendaraan kesayangan kita dari ancaman mereka? Mau dikasih kunci pengaman tambahan, toh juga masih bisa dilebur dengan cairan ini. Atau dengan cara GPS, kah ??

Tidak ada komentar :

Posting Komentar