Jumat, 20 Desember 2013

MISTERI MENULIS DAN HITS

sumber google
Baru-baru ini, saya coba menganalisa hits artikel pada blog ini. Perolehan angkanya sungguh fantastis! Mulai dari ribuan, ratusan, puluhan, sampai satuan. Artikel yang hanya mencetak angka puluhan dan satuan, saya anggap artikel gagal. Ya, walau pun tidak dibenarkan juga sih anggapan seperti itu. Namanya juga hasil buah pemikiran yang dirangkai ke dalam bentuk kata-kata. Harus tetap diapresiasi bagaimana pun hasilnya.

Menurut saya, melihat penjabaran data statistik itu cukup menarik. Artikel jagoan saya ternyata tidak begitu memuaskan. Artikel yang saya anggap remeh ‘ala kadarnya’ berisikan jumlah kata tak lebih dari 300an kata justru keluar sebagai pemenang!


Lihat saja perolehan angka jumlah pembaca pada artikel “Cinderamata Titit Khas Bali”. Saya pikir perolehan angkanya cukup baik untuk sebuah artikel semacam itu dengan jumlah kata sekitar 100an. Saya menulis artikel itu kalau tidak salah, ngga sampai 10 menit.


Bandingkan dengan perolehan angka pada artikel “Picture Gunwiltruck To See And Understanding TheWorld”. Hasilnya tidak sepadan dengan kerja keras menuliskannya.

Berdasarkan data itu, akhirnya saya mengambil kesimpulan bahwa menulis itu tidak perlu berpikir terlalu berat. Tidak perlu tegang atau pusing memikirkan kata-kata yang sempurna. Santai aja, yang penting urut dan nyambung.

Untuk mendongkrak jumlah pembaca, sobat bisa juga mencari tema unik -sisi lain- yang sering luput dari perhatian kita. Semisal -ini semisal,contoh- sobat memiliki artis favorit di mana kesehariannya selalu tampil necis, santun, dambaan pujaan hati setiap wanita. Suatu ketika, artis itu ternyata punya kebiasaan buruk. Setiap kali dia garuk-garuk pantatnya, jari itu lalu diciuminya. Lha siapa tau? Kan semisal?

Bagaimana? Siap hunting kejadian unik di sekitar kita? Selamat ‘berburu’ ...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar