Sabtu, 04 Januari 2014

MENULIS DAN PUBLISH ARTIKEL DARI PONSEL

Tampilan Blogger For Android
Tadi pagi saya membaca sebuah artikel dari salah satu rekan dan di bawahnya tertera tulisan, "Posted From Wordpress For Android"

Wah.. Jelas saya tak ingin ketinggalan! Dia aja bisa, masa saya tidak? Gengsi dong! - Saya pikir, selama gengsinya bersifat positif itu tidak ada masalah-

Jadilah saya hunting aplikasi Blogger for Android di Google Play dan ketemulah aplikasi yang satu ini.


Sebelum meng-install, rada jiper juga saat membaca testimoni yang sudah menjajal aplikasi ini. Bagaimana tidak? Mereka kebanyakan berkomentar aplikasi ini buruk -jelek- dengan pemberian rating rendah -satu atau dua bintang-. Namanya juga penasaran, dicoba saja dulu. Siapa tahu aplikasi ini cocok untuk saya?

Aplikasi ini cukup 'ringan' yakni sebesar 3'an MB dan tampilannya sangat sederhana -basic-. Sobat bisa melihat sendiri foto di atas, terdapat tiga field. Field pertama untuk judul, field kedua untuk isi tulisan dan field terakhir untuk label. Sedangkan di bawah dari tiga kolom itu terdapat sebuah fitur 'Select Location' menerangkan di manakah posisi sobat saat ini -ketika menulis-. Di samping kanan kolom judul juga dilengkapi icon camera untuk menyisipkan sebuah foto.

Masalah baru muncul, ketika saya beralih aplikasi ke galeri dan kembali lagi untuk melanjutkan menulis, tulisan saya HILANG semua!! Arggghh.. Untung baru nulis sedikit, jadi ngga terlalu sakit hati.

Belajar dari kesalahan pertama -bukan kesalahan sebenarnya, aplikasinya memang kurang sempurna. Tidak bisa berpindah-pindah aplikasi- saya lantas kembali menulis pada sebuah memo -sejenis notepad kalau di komputer-.

Kekurangan yang kedua, ternyata aplikasi memo pada smartphone saya hanya mendukung sebanyak 1500 kata atau karakter. Masih belum juga menyerah, saya kembali lagi ke Google Play hunting memo yang memiliki kapasitas karakter banyak, lebih dari 1500 kata. Sekarang saya sedang menulis di aplikasi bernama 'Color Note' dan sampai sekarang, saya tidak menemukan suatu masalah -going smooth, baby-.

Kekurangan ketiga, ternyata menulis artikel di smartphone itu lebih capek ya ketimbang di laptop atau komputer? Buktinya pergelangan tangan saya mulai terasa ngilu. Apa karena belum terbiasa kali ya?

Oke, mungkin segitu aja dulu artikel pertama saya menulis dari ponsel. Sekarang waktunya upload dan publish ke Blogger. Mudah-mudahan tidak ada masalah lain yang muncul.

== update ==
Sekarang saya sedang menulis pada laptop. Ternyata aplikasi Blogger For Android masih ditemukan beberapa kekurangan, yaitu belum mendukung fitur alignment -rata kiri, tengah, kanan, justify sehingga sekarang ini saya memperbaiki tulisan agar terlihat rapih. Kemudian penyisipan foto tadinya berada paling bawah artikel -padahal saya maunya paling atas- dan foto itu belum bisa ditambahkan keterangan tulisan -add caption-.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar