Jumat, 03 Januari 2014

Jangan Tiru Permainan Bahaya Ini

Sore hari itu, saya tengah berjalan pulang setelah membeli sebungkus lauk untuk segera disantap di rumah. Setibanya di sebuah jembatan, pandangan saya tertuju pada 3 orang bocah yang sedang asik bermain.
 
Ini Anaknya Siapa Sih Mainan Model Gitu?

Awalnya sih, saya tidak begitu menaruh curiga. Namun, betapa terkejutnya saya ketika melihat salah seorang diantara mereka naik ke dinding jembatan, tampaknya sedang mencoba berjalan menyusuri dua buah pipa berukuran sedang itu. Kedua tangannya yang mungil memegang erat seutas kawat melintang sebagai penyangga. Melihat sang-leader berhasil berjalan beberapa langkah, 2 bocah lainnya pun meniru aksi nekat itu.

Jelaslah, adegan berbahaya itu mengundang perhatian warga yang kebetulan melintas disekitar lokasi. “Heei... Heiii... Ayo balik! Aduhh... nanti jatuuhhhh!” ujar salah seorang Ibu berjilbab memarahi mereka. Mendengar teguran dari si Ibu tadi, mereka lantas pelan-pelan mundur lagi ke arah dinding jembatan. Aduh.. aduh.. anak jaman sekarang kok permainannya ekstrem gitu ya? Itu tinggi, lho! Kalau jatuh bagaimana?



Sementara itu, pemandangan ‘menegangkan’ lain tak jauh berbeda dengan aksi para bocah di atas juga terlihat pada foto di bawah ini. Mereka adalah para pekerja bangunan yang sedang merekonstruksi salah satu gedung bank ternama. Bedanya, mereka ‘terpaksa’ melakukan itu karena tuntutan hidup.



Perhatikan, mereka kerja pada ketinggian tanpa didukung satupun alat keamanan –safety-- seperti sarung tangan, tali pengaman, helm, dan lain sebagainya. Mereka santai aja tuh nge-bor dan mengaitkan sesuatu di atas sana. Bahkan salah satunya terlihat sedang memanjat dengan tenang. Tanpa memikirkan keselamatan kerja. Sekilas, ketangkasan mereka seperti sedang bermain sirkus saja. Bagaimana kalau terpeleset? Siapa yang mau menanggung beban biaya rumah sakit?


Tidak ada komentar :

Posting Komentar